?>
  • Omiyago_Sambal_Honje_Teri
  • Omiyago_Sambal_Honje_Teri
  • Omiyago_Sambal_Honje_Teri

Omiyago Sambal Honje Teri

1 Botol 130 gr

Bahan Dasar

Cabai, Teri, Garam, Kecombrang dan Rempah Lainnya

Rp37,000
Deskripsi

Sambal Honje Teri Omiyago

Sambal Honje Omiyago atau dikenal juga sebagai sambal kecombrang merupakan sambal dengan bahan dasar cabe ulek yang dicampur bunga honje atau kecombrang segar. Cita rasa pedas unik bunga kecombrang yang diracik dengan bumbu-bumbu rempah dengan 4 pilihan kombinasi campuran yaitu original, ayam, teri, cumi, dan mix. Sambal kecombrang Omiyago dibuat tanpa MSG, tanpa bahan pengawet dan bahan kimia tambahan lainnya sehingga aman dikonsumsi sehari-hari. Selain cocok untuk dijadikan pendamping makan, sambal honje ini juga cocok dijadikan cocolan menikmati gorengan atau makanan lainnya sesuai selera. Sambal Honje Omiyago dibuat oleh UKM mitra yang tentunya dengan pengawasan dan pendampingan dari tim Omiyago sehingga kualitas sambal trjamin. Dengan berbelanja produk dengan label "Omiyago" Anda turut membantu pertumbuhan ekonomi keluarga mitra kami. Dapatkan uniknya rasa sambal berbahan rempah istimewa ini hanya di Omiyago. Omiyago, jaminan kualitas mutu dan rasa hingga ke tangan Anda.

Apa Itu Honje atau Kecombrang?

Kecombrang atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah yang bagian bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran maupun bumbu. Nama honje di berbagai daerah berbeda-beda, orang di Medan menyebutnya sebagai kincung, sementara di Aceh disebut bungong kala, orang Tapanuli mengenalnya sebagai bunga rias, orang Karo menamainya asam cekala, di Lampung tanaman ini bernama kumbang sekala, di Minang masyarakat menyebutnya sambuang, adapun di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot kecicang dan keduanya bisa dipakai pada sambal matah yang khas Bali.
Honje berwarna kemerahan, jika batangnya sudah tua, bentuk tanamannya mirip jahe atau lengkuas, dengan tinggi mencapai 5-7 meter. jadi bumbu masakan yang enak. Disebut dengan nama honje, bunga ini memiliki aroma yang sangat unik. Ada jenis kecombrang lain yaitu kecombrang hutan yang memiliki nama latin Etlingera hemisphaerica, bentuknya mirip dengan kecombrang biasa. Bedanya, tanaman kecombrang hutan tampak lebih kasar dan dapat tumbuh hingga 7 meter dengan buah yang ukurannya lebih besar juga.
Rimpangn dari Honje atau Kecombrang ini ukurannya tebal, berwarna krem, kemerah-jambuan ketika masih muda. Sementara daun terdiri dari 15-30 helai tersusun dalam dua baris, berseling, di batang semu terdapat helaian daun jorong lonjong, berukuran sekitar 20-90 cm × 10–20 cm, dengan pangkal membulat atau bentuk jantung, tepi bergelombang, dan ujung meruncing pendek, gundul namun dengan bintik-bintik halus dan cenderung rapat, berwarna hijau mengkilap, sering dengan sisi bawah yang keunguan ketika tanaman masih muda.

Manfaat Honje atau Kecombrang

Kecombrang atau bunga honje utamanya biasa dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal di Jawa Barat. Sebagai bahan makanan dan bumbu, kecombrang juga punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Itu karena tanaman ini memiliki antioksidan sangat tinggi dan sifat antibakteri. Mineral lain yang dikandung bunga kecombrang, seperti fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, potassium, dan zinc. Selain itu, juga rendah kalori serta mengandung nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, energi, dan serat. Kandungan yang ada pada kecombrang atau honje selain sebagai bahan makanan dan bumbu, juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Bagian bunga pada tanaman rempah kecombrang mengandung senyawa flavonoid, yaitu senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Ada pula sebuah riset yang dilakukan pada 2011 telah membuktikan, bahwa bagian bunga kecombrang ini memiliki efek antioksidan yang sangat tinggi. Tiap bagian dari tumbuhan kecombrang atau honje mulai dari bunga, batang, rimpang, dan daunnya bahkan juga sangat tinggi akan kandungan antioksidan. Bahkan, menurut penelitian karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi ini, tanaman kecombrang juga terkenal sebagai tanaman antikanker. Wah! Mengejutkan ya?
Sebenarnya tunas dari tanaman ini juga dipercaya menyembuhkan penyakit panas dalam dengan cara dipanggang atau dibakar lalu dikonsumsi isinya. Honje juga dapat dimanfaatkan sebagai sabun dengan dua cara yaitu dengan menggosokkan langsung batang semu honje ke tubuh dan wajah atau dengan mememarkan pelepah daun honje hingga keluar busa yang wanginya harum dan dapat langsung digunakan sebagai sabun. Tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit yang berhubungan dengan kulit, termasuk penyakit campak.

Manfaat Rempah Honje atau Kecombrang antara lain

(1) Bantu penyerapan gizi Manfaat ini didapat, lantaran pada bunga kecombrang terdapat kandungan kalium. Angkanya diklaim cukup untuk memenuhi kebutuhan kalium tubuh Anda sehingga penyerapan gizi bisa berjalan secara optimal.
(2) Antibakteri
Bagian bunga kecombrang atau honje mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri. Karena itu, kecombrang juga sering kali dimanfaatkan sebagai pengawet alami.
(4) Kaya Antioksidan
Kadar antioksidan yang menjadi bahan untuk membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk paparan radikal bebas, dalam kecombrang sangatlah tinggi. Bukan hanya pada bagian bunganya saja, kandungan ini juga ditemukan pada bagian batang, rimpang, dan daun tanaman kecombrang atau honje.
(5) Sebagai Menu diet
Lemak dalam kecombrang punya kadar yang terbilang sangat rendah. Sehingga rempah satu ini dinilai sangat friendly untuk orang yang sedang menjalani diet, bahkan sangat baik untuk disertakan dalam menu diet sehari-hari.
(6) Sebagai Harmoni Cita Rasa Makanan
Karena aroma yang kuat, kecombrang atau honje ini sering dimanfaatkan untuk mengurangi aroma amis atau anyir pada hidangan laut seperti ikan dan udang. Kecombrang juga akan memberi aroma segar pada sambal dan hidangan tumis maupun berkuah. Karena itu Anda harus mencoba Sambal Honje Omiyago!

Honje di Berbagai Daerah dan Negara Tetangga

Di Tanah Karo, bagian tanaman honje yaitu buahnya yang masih muda disebut asam cekala. Kuncup bunga serta "polong" nya ikut menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo yang juga merupakan peredam bau amis sewaktu memasak ikan. Masakan Batak populer seperti menu arsik ikan mas, juga menggunakan asam cekala atau honje ini. Bagian kuncup bunga honje juga biasanya di masak dengan daun singkong menjadi gule bulung gadung yang merupakan masakan khas Tapanuli bagian Selatan. Kalau Anda ke wilayah Jawa Barat, tepatnya di Palabuhanratu, buah dan bagian dalam pucuk honje sering digunakan sebagai campuran sambal untuk menikmati ikan laut bakar. Nah, disinilah asal mula Sambal Honje Omiyago dibuat, karena sebutan honje sebagai nama lain dari kecombrang merupakan sebutan bagi orang Sunda. Di Jawa Tengah, seperti misalnya di Banyumas dan Pekalongan bunga kecombrang dikukus dan dijadikan campuran urap dan pecel. Di Pekalongan, kecombrang yang diiris halus dijadikan campuran pembuatan megana, sejenis urap berbahan dasar nangka muda.

Sementara, kalau Anda belum tahu, di daerah Rejang Lebong, Bengkulu, bagian bunga pada rempah tanaman kecombrang dijadikan obat hingga bisa menjadi penyubur rambut. Masyarakat setempat juga memanfaatkan tanaman rempah kecombrang sebagai obat pereda batuk, demam tinggi, obat luka, dan penambah nafsu makan. Berbagai manfaat bunga kecombrang yang dijadikan obat tradisional oleh warga dari daerah Rejang Lebong, Bengkulu tersebut ternyata telah dilakukan sejak dahulu, secara turun-temurun, dan juga digunakan hingga saat ini. Nah, kalau Anda ke wilayah Sulawesi Selatan, tanaman dan buah honje disebut sebagai "patikala" sebagai bumbu masakan untuk ikan kuah kuning atau pallu mara agar mengurasi bau amis ikan dan juga menjadi bahan masakan kapurung di daerah Luwu dan bumbu berbagai jenis sayuran semacam urap. Wah! Banyak sekali kegunaan kecombrang untuk bumbu masak ya?
Kalau Anda menguliknya hingga ke negara tetangga. Anda akan menemukan bahwa rempah honje atau kecombrang ini juga dimanfaatkan dengan baik di sana. Di Singapura kecombrang menjadi unsur penting dalam kuliner masakan khasnya yaitu laksa. Di Kuala Lumpur, restoran terkenal di sana pun menggunakan kecombrang untuk koktail dan teh yang akan memberikan rasa lokal yang terasa unik. Bunga kecombrang ini juga digunakan dalam makanan penutup, seperti es krim. Wah unik sekali pasti rasanya! Anda sudah pernah mencobanya?

Kreasi Makanan dari Rempah Kecombrang

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, kecombrang banyak dikreasikan dengan berbagai makanan. Rasanya yang unik yaitu perpaduan asam dengan aromanya yang kuat membuat berbagai menu makanan yang dibuat dapat semakin terasa lezat. Adapun mengolah rempah khas yang satu ini terbilang mudah, yaitu setelah memilih bunga kecombrang yang masih segar, pisahkan dulu bagian bunga yang masih menguncup dengan bagian batangnya. Batang kecombrang ini biasanya teksturnya keras, tapi masih bisa dipotong lalu dimasukan ke dalam sajian berkuah dan dijadikan bumbu. Sementara untuk bagian bunganya Anda harus mencucinya lebih dulu sebelum dipotong, kemudian keringkan. Bunga honje atau kecombrang ini kemudian bisa diiris tipis atau dicincang kecil. Selanjutnya, Anda bisa menyertakan bagian batang honje atau kecombtang ke dalam campuran berbagai bumbu masakan. Nah, setelah mengetahui cara mengolah rempah kecombrang ini, Anda bisa membuatnya menjadi berbagai masakan berikut :
(1) Nasi Goreng Kecombrang
Salah satu olahan yang tidak sulit pembuatannya dan merupakan menu favorit semua orang. Ya! Nasi Goreng yang mudah dibuat di rumah akan menjadi lebih spesial dengan tambahan bunga kecombrang di dalamnya. Anda hanya membutuhkan setengah bagian dari bunga kecombrang yang ada di bagian dalam yang sudah dihaluskan untuk membuat seporsi nasi goreng yang menggugah selera. Jangan lupa untuk menambahkan juga sayur lauk pauk pelengkap lainnya seperti selada, udang atau ayam dan telur ceplok maupun telur dadar yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.
(2) Ikan Tongkol Suir Kecombrang
Dengan kandungan antioksidannya kecombrang atau honje juga akan enak sebagai bumbu tambahan pada ikan tongkol. Apalagi untuk Anda yang penggemar ikan tongkol, Anda cukup menambahkan bagian batang dari tumbuhan honje atau kecombrang ini. Potong-potong batangnya lalu tumis bersama bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Campurkan suiran ikan tongkol yang sudah digoreng ke tumisan bumbu tersebut dan ikan tongkol sudah dapat disantap.
(3) Tumis Sayuran Pakcoy dengan Kecombrang
Nah, kalau Anda ingin ada menu sayuran di meja makan, menu tumis baby packoy dengan bawang putih mungkin sudah biasa di lidah. Saatnya untuk mengkreasikan sayur golongan sawi ini dengan tanaman bunga kecombrang yang rasanya sedikit asam ini. Anda hanya membutuhkan dua kuntum bunga kecombrang yang belum mekar untuk membuat seporsi tumisan baby pakcoy yang dapat dimakan keluarga. Cara membuatnya sama seperti membuat tumisan biasanya, namun tambahkan dengan irisan bunga kecombrang dapat membuat aromanya semakin menggugah selera.
(4) Cumi Asin Bumbu Kecombrang
Hidangan laut yang satu ini juga bisa dikombinasikan dengan bumbu rempah honje atau kecombrang. Aroma dan rasa dari bumbu rempah lainnya turut dilengkapi dengan bawang putih, bawang merah, yang akan menjadikan tumisan cumi ini semakin lezat. Tekstur kenyal dari cumi yang sebelumnya bisa Anda goreng terlebih dahulu sebelum ditumis untuk memberikan tekstur garing ini saat dilengkapi aroma kecombrang dapat membuat santapan makan makin berselera.
(5)Gulai Ikan Bumbu Kecombrang
Nah, kalau di masakan tumis saja enak bumbu rempah honje atau kecombrang juga akan sedap bila dicampurkan pada masakan berkuah santan. Misalnya gulai ikan yang akan berkurang bau amis ikannya karena ditambahkan bumbu rempah honje atau kecombrang. Untuk gulai ini, biasanya ikan kakap yang sering menjadi bahan utama jenis ikannya. Bumbu gulai yang seperti biasanya hanya tinggal ditambahkan saja dengan irisan bunga kecombrang yang akan menambah rasa sedikit asam dan membuat aromanya sedap.

Tips Memilih Rempah Kecombrang

Untuk menggunakan rempah honje atau kecombrang dalam masakan, Anda tidak perlu bingung bagaimana memilihnya. Berikut tips bagaimana memilih kecombrang atau rempah honje dan cara mengolahnya :??
1. Jika Anda ingin masakan dengan aroma dan rasa yang kuat, pilih dengan batang kuncup dan berwarna merah muda. Karena biasanya itu memberikan aroma yang cukup kuat.??
2. Bila Anda terlanjur memilih dengan batang yang kuncup, hal ini tidaklah menjadi masalah. Kecombrang atau rempah honje dengan batang yang kuncup sangat cocok diolah jadi masakan tumis.??
3. Untuk memberi aroma kuat pada seafood atau makanan laut seperti gulai dan makanan berkuah lainnya, sudah pasti yang dibutuhkan adalah kecombrang yang masih berbentuk kuncup. Aroma khas segar yang dihasilkan kecombrang atau honje ini mirip seperti lemon dan jahe, sehingga aromanya khasnya akan terasa segar dan rasa asamnya juga akan ikut muncul dalam menu masakan Anda.
4. Untuk dibuat menjadi sambal, Anda hanya perlu mengiris bagian batang kecombrang menjadi tipis. Lalu campurkan rempah kecombrang atau honje tadi dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, sedikit garam, gula dan perasan air jeruk nipis untuk membuat sambal khas Bali.??
5. Masakan berupa sop juga bisa memakai kecombrang. Yaitu dengan memisahkan antara bunga yang masih menguncup dengan bagian batangnya. Anda cukup memanfaatkan batangnya dengan diiris-iris.??Selain digunakan untuk beberapa masakan tersebut, Anda juga bisa menjadikannya bumbu tambahan untuk masakan lainnya.
Bunga kecombrang bisa diiris tipis-tipis atau bisa dicincang kecil-kecil dan dijadikan campuran dalam berbagai masakan. Selamat mencoba!

Produk Terkait

sambal-teri-bu-sandra

Sambal Teri Bu Sandra

Rp 74,000

Sambal Bu Sandra kini bisa dibeli di Omiyago. Me...

sambal-embe-sedang-ayam-guling-ketut

Sambal Embe Sedang Ayam Guling Ketut

Rp 91,000

Salah satu sambal yang lagi naik daun dari Bal...

omiyago-sambal-honje-cumi

Omiyago Sambal Honje Cumi

Rp 37,000

Sambal honje/Kecombrang Omiyago, sambel dengan b...

sambal-lorjuk-bu-sandra

Sambal Lorjuk Bu Sandra

Rp 74,000

Sambal Bu Sandra kini bisa dibeli di Omiyago. Me...

sambal-roa-saro-foods

Sambal Roa Saro Foods

Rp 138,000

Sambal asli dari Manado yang kelezatannya sudah ...

sambal-bawang-bu-rudy

Sambal Bawang Bu Rudy

Rp 56,000

Sambal Bu Rudy kini bisa dipesan di Omiyago. S...

petis-yudhistira

Petis Yudhistira

Rp 74,000

Petis Yudhistira kini bisa dibeli di Omiyago. Te...

sambal-encim-ikan-asin-bajo

Sambal Encim Ikan Asin Bajo

Rp 93,000

Sambal Encim merupakan produk oleh-oleh dari Lom...

sambal-bawang-lafizan

Sambal Bawang Lafizan

Rp 39,000

Jual sambal Lafizan asli Bandung. Merupakan olah...

bumbu-rujak-ekstra-pedas-asli-bali

Bumbu Rujak Ekstra Pedas Asli Bali

Rp 51,000

Sambal atau bumbu rujak bercitarasa nikmat dan...


Produk Populer

Omiyago Jahe Merah Instan

Omiyago Jahe Merah Instan

Rp 25,600

Jahe Merah Instan kini hadir sebagai salah sat...

Paket Napoleon Keju & Cokelat

Paket Napoleon Keju & Cokelat

Rp 269,000

Bolu Napoleon kini hadir dan bisa dipesan di Omi...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...

Paket Napoleon Keju & Cokelat

Paket Napoleon Keju & Cokelat

Rp 269,000

Bolu Napoleon kini hadir dan bisa dipesan di Omi...

Halua Kenari Oma Yuli

Halua Kenari Oma Yuli

Rp 78,000

Halua Kenari Omya Yuli kini hadir dan bisa dipes...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...

Makaroni Kakarak Jagung Manis

Makaroni Kakarak Jagung Manis

Rp 31,000

Makaroni Kakarak merupakan camilan yang terbua...

Omiyago Jahe Merah Instan

Omiyago Jahe Merah Instan

Rp 25,600

Jahe Merah Instan kini hadir sebagai salah sat...

Omiyago Jahe Merah Instan

Omiyago Jahe Merah Instan

Rp 25,600

Jahe Merah Instan kini hadir sebagai salah sat...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...